Pola atau kebiasaan tidur yang sehat bisa membuat perbedaan antara kegelisahan dan tidur nyenyak. Periset telah mengidentifikasi berbagai praktik dan kebiasaan – yang dikenal sebagai “Sleep Hygiene” – yang dapat membantu seseorang memaksimalkan jam yang mereka habiskan untuk tidur, bahkan orang-orang yang tidurnya dipengaruhi oleh insomnia , jet lag, atau kerja shift.

Sleep Hygiene mungkin terdengar tidak imajinatif, Tapi mungkin ini cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa tip sederhana:

# Hindari Kafein, Alkohol, Nikotin, dan Bahan Kimia Lain yang Mengganggu Tidur

Produk berkafein menurunkan kualitas tidur seseorang.

Seperti yang diketahui oleh pencinta kopi, kafein adalah stimulan yang bisa membuat Anda tetap terjaga. Jadi hindari kafein (ditemukan di kopi, teh, coklat, cola, dan beberapa penghilang rasa sakit) selama empat sampai enam jam sebelum tidur. Demikian pula, perokok harus menahan diri untuk tidak menggunakan produk tembakau terlalu dekat dengan waktu tidur.

Meski alkohol bisa membantu tidur, setelah beberapa jam ia bertindak sebagai stimulan, meningkatkan jumlah terbangun dan umumnya menurunkan kualitas tidur di malam hari. Oleh karena itu sebaiknya batasi konsumsi alkohol hingga satu sampai dua minuman per hari, atau kurang, dan untuk menghindari minum dalam waktu tiga jam sebelum tidur.

#Kondisi

Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu mempromosikan tidur nyenyak. Menurut Anda mengapa kelelawar berkumpul di gua untuk tidur siang hari mereka? Untuk mencapai lingkungan seperti itu, turunkan volume suara di luar dengan penyumbat telinga atau alat “white noise”. Gunakan gorden tebal, nuansa kehampaan, atau masker mata untuk menghalangi cahaya, isyarat kuat yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya bangun. Jaga agar suhu tetap nyaman (25-27C) – dan ruangan berventilasi baik. Dan pastikan kamar tidur Anda dilengkapi dengan kasur dan bantal yang nyaman. (Ingatlah bahwa sebagian besar kasur sudah aus setelah sepuluh tahun dan ganti sprei atau bantal Anda dengan yang lebih lembut.)

Juga, jika ada hewan peliharaan yang secara teratur membangunkan Anda di malam hari, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjauhkannya dari kamar tidur Anda.

Ini dapat membantu membatasi aktivitas kamar tidur Anda untuk tidur dan seks saja.

#Tidur Saat Benar-benar Lelah
Berjuang untuk tertidur justru menimbulkan frustrasi. Jika Anda tidak tidur setelah 20 menit, bangun dari tempat tidur, pergi ke ruangan lain, dan lakukan sesuatu yang santai, seperti membaca atau mendengarkan musik sampai Anda cukup lelah untuk tidur.

Olahraga bisa membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak-asalkan selesai pada waktu yang tepat. Olahraga merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon stres kortisol, yang membantu mengaktifkan mekanisme peringatan di otak. Ini baik-baik saja, kecuali jika Anda mencoba untuk tertidur. Cobalah untuk menyelesaikan latihan setidaknya tiga jam sebelum tidur atau berolahraga lebih awal pada hari itu.

#tidur siang atau tidak sama sekali
Banyak orang membuat tidur siang sebagai bagian rutin dari hari mereka. Namun, bagi mereka yang merasa tertidur atau tertidur sepanjang malam bermasalah, tidur siang bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ini karena tidur siang terlambat tidur nyenyak. Jika Anda harus tidur siang, lebih baik untuk tetap pendek dan sebelum jam 5 sore

Leave a Reply

Your email address will not be published.